Bogor - Perwakilan Dinas Pertanian Labura Tim Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) menghadiri kegiatan Rekonsiliasi Keuangan Dana Dukungan Manajemen dalam rangka penyaluran dana peremajaan perkebunan kelapa sawit triwulan II, yang diadakan di Bigland Hotel Bogor Jalan Malabar 1B, Bogor, Jawa Barat pada tanggal 08 s/d 10 Juli 2024. Kegiatan tersebut diadakan oleh Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian RI.


Kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan pemahaman terkait penyaluran dana PSR, serta memastikan akuntabilitas dan transparansi dalam penggunaan dana dukungan manajemen tersebut.

Kegiatan rekonsiliasi ini diikuti oleh para bendahara tim PSR dari seluruh Provinsi, kabupaten/kota di Indonesia sektor perkebunan. Dalam kegiatan ini, para bendahara tim PSR mendapatkan penjelasan mengenai mekanisme penyaluran dana PSR, pemeriksaaan dokumen SPJ dan realisasi anggaran serta serta tata cara penyusunan laporan keuangan dan perpajakan.


Diharapkan dengan kegiatan rekonsiliasi ini, kegiatan pendampingan dan pengawasan dalam usulan dan pendampingan penilaian fisik kebun dapat berjalan dengan lebih lancar dan akuntabel, sehingga program PSR dapat mencapai tujuannya untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing perkebunan kelapa sawit di Indonesia.(SH).