Bogor - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Labuhanbatu Utara "Ibu drh. Sudarija, M.M, menghadiri pertemuan pembinaan, monitoring, dan evaluasi peremajaan kelapa sawit pekebun semester 1 yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Perkebunan. Pertemuan ini dihadiri oleh kepala dinas sektor perkebunan kelapa sawit dari provinsi, kabupaten, dan kota pada tanggal 22 s/d 23 Juli 2024 di Pajajaran Hotel Jl. Raya Pajajaran No. 17 Kec. Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat.


Kegiatan ini bertujuan untuk pengawasan program peremajaan kelapa sawit pekebun yang berlangsung dari tahun 2017 hingga 2024 dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan Pasal 34 Peraturan Menteri Pertanian Nomor 03 Tahun 2022. Acara dimulai dengan arahan dari Direktur Tanaman Kelapa Sawit dan Aneka Palma Perkebunan, yang sekaligus membuka acara.


Materi pertama disampaikan oleh Direktur Tanaman Kelapa Sawit dan Aneka Palma Perkebunan, yang membahas kebijakan dan hasil pengawasan program peremajaan kelapa sawit. Di lanjutkan Direktur Penghimpunan Dana BPDPKS memberikan materi tentang kebijakan pembinaan kelembagaan pekebun, serta monitoring dan evaluasi penyaluran dan pencairan dana peremajaan kelapa sawit pekebun dan Kepala SBU Perdagangan, Industri, dan Kelautan dari PT. Sucofindo menyampaikan tata cara pencairan dana peremajaan kelapa sawit pekebun. selanjutnya, dan terakhir penyampaian materi oleh Direktur Tanaman Kelapa Sawit dan Aneka Palma tentang perkembangan usulan peremajaan kelapa sawit dan komitmen usulan rekomendasi teknis peremajaan kelapa sawit tahun 2024.

Pada sesi terakhir dilakukan rekonsiliasi data monev dan data produksi serta penyampaian dokumen kepada Ketua Sekretariat Tim PKSP.Dengan adanya pertemuan ini, diharapkan program peremajaan kelapa sawit pekebun  dapat berjalan lebih efektif dan efisien, serta memberikan dampak positif bagi peningkatan produktivitas dan kesejahteraan pekebun kelapa sawit.(SH).