Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara Hendri Yanto Sitorus, S.E.,M.M menghadiri acara Konsultasi Publik Rencana Aksi Daerah Kelapa Sawit Berkelanjutan (RAD KSB) Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sekaligus menerima Dokumen RAD KSB Kabupaten RAD KSB Labura dari Tim Penyusun RAD KSB dan ICRAF. Kamis (07 Desember 2023) di Hotel Permata Warna Aek Kanopan, Kab. Labuhanbatu Utara.


Acara Konsultasi Publik Rencana Aksi Daerah Kelapa Sawit Berkelanjutan (RAD KSB) Kabupaten Labuhanbatu Utara memiliki  tujuan untuk meningkatkan transparansi, keberterimaan dan partisipasi multipihak, maka penyelenggaraan Konsultasi Publik menjadi penting untuk mendiseminasikan informasi dan memperoleh masukan dari pemangku kepentingan di Kabupaten  Labuhanbatu Utara.

Kolaborasi erat antara Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara, ICRAF melalui Program Sistem Pertanian Berkelanjutan di Lanskap Tropis Asia (SFITAL), dan Tim Penyusun Rencana Aksi Daerah Kelapa Sawit Berkelanjutan (RAD KSB) Labura telah melalui seluruh proses, mulai dari pengumpulan data dan informasi hingga perumusan rencana aksi untuk menetapkan program dan kegiatan prioritas RAD KSB, menjadi bagian tak terpisahkan dari pengelolaan lahan yang berkelanjutan.



Acara Konsultasi Publik Rencana Aksi Daerah Kelapa Sawit Berkelanjutan (RAD KSB) dihadiri OPD di Kabupaten Labuhanbatu Utara, TPD RAP Sumatera Utara dan instansi yang memiliki keterkaitan dengan kelapa sawit berkelanjutan.
                                          

Tim Penyusun RAD KSB Labura, diwakili oleh Kepala Bidang Perencanaan Ekonomi, Nurhayati Munthe, ST., M.Si. menyampaikan tujuan utama konsultasi publik ini untuk menyetujui proses legislasi, khususnya PERBUP RAD KSB di Kabupaten Labuhanbatu Utara. Hal Ini merupakan dukungan pemerintah daerah pada rencana aksi kelapa sawit berkelanjutan dan penetapan Monitoring dan Evaluasi untuk pelaporan implementasinya.


Beliau juga menambahkan, “Bersama ICRAF, Diskominfo Labura merancang inovasi kolaboratif dan meluncurkan program terpadu, MyTBS yang dii nisiasi Dinas Pertanian Kabupaten Labuhanbatu Utara, berguna untuk memajukan kelapa sawit yang  terintegrasi, transparansi dan berkelanjutan. Aplikasi ini memfasilitasi pencatatan nilai pasok kelapa sawit yang efektif untuk upaya berkomitmen bersama terhadap ketertiban dan keberlanjutan industri kelapa sawit.”.


Bupati Labuhanbatu Utara, Hendriyanto Sitorus, SE,MM, menyampaikan apresiasi dan berterima kasih kepada ICRAF  yang telah memfasilitasi dan berkolaborasi erat untuk proses penyelesaian draft dokumen RAD KSB. Dokumen ini mencakup penguatan data koordinasi, infrastruktur, peningkatan kapasitas dan kapabilitas, serta aspek-aspek lain yang mendukung pengembangan wilayah. Pemerintah Kab. Labuhanbatu Utara berkomitmen untuk mendorong implementasi dan penyelenggaraan kebijakan yang dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan daerah secara menyeluruh. Kegiatan ini menjadi langkah awal yang transparan dan partisipatif menuju kemajuan Labuhanbatu Utara yang berkelanjutan.(Diperta.SH).