Foto Dokumentasi Bimtek LKP
Damuli Kebun- Dinas Pertanian Kabupaten Labuhanbatu Utara mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Layanan Konsultasi Padi (LKP) pada hari Selasa (02/06/24) di Aula Eri Gusri Sianipar Dinas Pertanian Kabupaten Labuhanbatu Utara. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Koordinator BPP, Penyuluh Pertanian Lapangan dan Petani di wilayah Kec. NA IX-X, Kualuh Selatan, Kualuh.Hulu, Aek Natas, Kualuh Hilir, dan  Kualuh Leidong.


Narasumber yang hadir Ibu Dr. Idri Hastuti Siregar, SP,. Msc ( Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP )), Ibu  Dosma Simbolon, S.Agr (Pendamping International Rice Research Institute (IRRI)) dan Ibu. Dr. Khadijah EL Ramijah, SP,. MP Kepala BSIP dan  PJ Satgas Pangan di 11 regional Kabupaten Se Kabupaten di Sumatera Utara.
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Labuhanbatu Utara,drh. Sudarija, M.M., dalam sambutannya menyampaikan bahwa "bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas petugas penyuluh pertanian dalam memberikan layanan konsultasi padi kepada petani, dan petani dan penyuluh dapat mengakses rekomendasi penggunaan pupuk kimia secara efisien dan efektif terhadap tanaman padi menggunakan aplikasi LKP tersebut, selanjutnya
. "Dengan adanya bimtek ini, diharapkan para penyuluh dapat memberikan solusi yang tepat atas berbagai permasalahan budidaya padi yang dihadapi petani," ujarnya.


Dr. Idri Hastuti Siregar, SP,. Msc dari BSIP memaparkan materi tentang standar mutu benih padi, sementara Dosma Simbolon, S.Agr dari IRRI berbagi pengalaman terkait inovasi teknologi padi terkini. Sementara itu, Kepala BSIP dan  PJ Satgas Pangan di 11 regional Kabupaten Se Kabupaten di Sumatera Utara, Dr. Khadijah EL Ramijah, SP,. MP., menekankan pentingnya sinergi antara berbagai pihak untuk mewujudkan ketahanan pangan di tingkat kabupaten.


Bimtek yang berlangsung selama satu hari ini diikuti oleh 40 peserta dari penyuluh pertanian, Koordinator BPP dan perwakilan Petani. Para peserta mendapatkan materi cara mengggunakan aplikasi Layanan Konsultasi Padi, rekomendasi penggunaan Pupuk Kimia dan organik,  dan penanganan pascapanen padi.


Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Dinas Pertanian Kabupaten Labuhanbatu Utara dalam meningkatkan produksi dan produktivitas padi di Kabupaten Labuhanbatu Utara, sekaligus mendukung program ketahanan pangan nasional.(SH)